Peran Pemuda Dalam Islam

by Soleh on 04:45 AM, 16-Jun-11

Category: Sudah Tahukah Kita?

Tidak diragukan, bahwa peran pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam tatanan kehidupan manusia secara umum dan masyarakat kaum Muslimin secara khusus, karena jika pemuda itu adalah para pemuda yang baik dan terdidik dengan adab-adab Islam maka merekalah yang akan menyebarkan dan mendakwahkan kebaikan Islam serta yang akan menjadi nahkoda ummat ini yang nantinya akan mengantarkan mereka kepada kebaikan dunia dan akhirat.
Hal ini dikarenakan Allah Subhanahu wa Ta'ala sudah menganugerahkan kepada mereka kekuatan badan dan kecemerlangan pemikiran untuk dapat melaksanakan semua hal tersebut.
Berbeda halnya dengan orang yang sudah tua umurnya walaupun para orang tua ini telah melampaui mereka dari sisi kedewasaan dan pengalaman, hanya saja faktor kelemahan jasad membuat mereka tidak mampu untuk mengerjakan apa yang dikerjakan oleh para pemuda.
Oleh karena itulah para Sahabat yang masih muda -radhiallahu 'anhuma- memiliki andil dan peran yang sangat besar dalam menyebarkan agama ini baik dari sisi pengajaran ataupun dari sisi berjihad dijalan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Diantara mereka adalah 'Abdullah bin 'Amr bin Al-Ash, Muadz bin Jabal, 'Abdullah bin 'Abbas, dan Zaid bin Tsaabit. Yang mana mereka ini sudah mengambil berbagai macam ilmu yang bermampaat dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wassalam, menghafalkannya, dan menyampaikan kepada Ummat sebagai warisan dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wassalam,
Disisi lain, ada Khalid Ibnul Walid, Asy-Syaibany, Al-Mutsanna dan selain mereka yang gigih dalam menyebarkan Islam lewat medan pertempuran Jihad dijalan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Seluruhnya mereka adalah satu Ummat yang tegak melaksanakan beban kewajiban mereka kepada Agama, Ummat dan Masyarakat mereka, yang mana pengaruh mereka atau hasil kerja keras mereka masih terasa kekal sampai hari ini dan akan terus-menerus ada -dengan izin Allah- sepanjang Islam masih ada.

Para pemuda dizaman sekarang ini adalah pewaris mereka (para pemuda dari kalangan sahabat) jika mereka mampu untuk memperbaiki diri-diri mereka, mengetahui hak dan kewajiban mereka, serta dapat melaksanakan semua amanah yang diberikan kepada mereka yang berkaitan dengan Ummat Islam ini.


Dari 'Abdullah bin Mas'ud radhiallahu 'anhu, dia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassalam bersabda: "Tidak akan beranjak kaki anak Adam pada hari kiamat dari sisi Rabbnya sampai dia ditanya tentang 5 (perkara) : Tentang umurnya dimana dia habiskan, tentang masa mudanya dimana dia usangkan, tentang hartanya darimana dia mendapatkannya dan kemana dia dikelurkan dan tentang apa yang telah dia amalkan dari ilmunya."(HR Ath-Tirmidzi no. 2105)
Hadits diatas sangat jelas menunjukkan bahwa masa muda adalah merupakan salah satu nikmat terbesar yang akan dimintai pertanggung jawabannya dihadapan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dan itu sekaligus menunjukkan bahwa Islam sangat memperhatikan usia muda dan para pemuda.

Dan khabar gembira bagi mereka para pemuda, dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassalam tatkala Beliau bersabda dalam hadits yang shahih:
"Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah pada hari yang tiada naungan selain naungan-Nya." lalu Beliau menyebutkan diantaranya: "Seorang pemuda yang tumbuh dalam beribadah kepada Allah."

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

No comments yet. Why not make the first one!

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images