Tata Cara Dan Niat Shalat Jamak

Di posting oleh Soleh pada 10:48 AM, 17-Jun-11

Di: Syariat

Saat Kita melakukan perjalanan jauh, kadang kita sering melewatkan waktu shalat. Akan tetapi jika kita mengetahui cara mengerjakan shalat jamak, kita bisa mengerjakan shalat 5 waktu. Bagaimanakah tata cara, hukum dan niat shalat jamak?
Seperti yang kita ketahui, shalat jamak adalah menggabungkan dua buah shalat pada satu waktu (shalat-shalat yang dikumpulkan). Misalnya shalat Dzuhur dengan shalat Ashar atau shalat Maghrib dengan shalat Isya dalam satu waktu.

Shalat Jamak ada 2 macam, yaitu:
Jamak Taqdim dan Jamak Ta'khir.
A. Shalat Jamak Taqdim.
Jamak Taqdim atau pelaksanaan shalat pada waktu awal, yaitu: Melaksanakan shalat Ashar setelah shalat Dzuhur atau melaksanakan shalat Isya setelah shalat Maghrib.
Syarat Serta Tata Cara Shalat Jamak Taqdim.
-- Dikerjakan dengan tertib, yakni dengan shalat yang pertama. Misalnya shalat Dzuhur dahulu, baru kemudian shalat Ashar, atau Maghrib dahulu baru kemudian shalat Isya.
-- Niat Jamak dilakukan pada shalat pertama.
Berurutan antara keduanya; yakni tidak boleh diselang dengan shalat sunnah atau perbuatan lainnya.

B. Shalat Jamak Ta'khir.
Jamak Ta'khir atau pelaksanaan shalat pada waktu akhir. Yaitu:
Melaksanakan shalat Dzuhur dan Ashar bersamaan disore hari atau melaksanakan shalat Maghrib dan shalat Isya' sedikitnya setelah matahari terbenam.
Syarat serta tata cara shalat Jamak Ta'khir.
-- Niat Jamak Ta'khir dilakukan pada shalat yang pertama.
-- Masih dalam perjalanan tempat datangnya waktu yang kedua.
Niat Shalat Jamak dan Qashar.

-- Niat shalat Dzuhur Jamak Takdim.
'Ushalli fardhazh-zhuhri rak'ataini qashran majmuu'an ilahil-ashru add'an lillaahi ta'alaa'.
Artinya: Aku niat shalat fardhu dzuhur dua rakaat qashar, dijama dengan ashar fardhu karena Allah.

-- Niat Shalat Ashar Jamak Taqdim.
'Ushalli fardhal-ashri rak'ataini qashran majmuu'an ilazh-zhuhri adaa'an lillaahi ta'alaa.
Artinya: Aku niat Shalat fardhu ashar dua rakaat qashar dijama dengan dzuhur, fardhu karena Allah.

-- Niat Shalat Dzuhur Jamak Ta'khir.
'Ushalli fardhazh-zuhri rak'ataini qashran majmuu'an ilal-ashri adaa'an lillaahi ta'ala.
Artinya: Aku niat Shalat Dzuhur dua rakaat qashar dan jama dengan Ashar, fardhu karena Allah'.

-- Niat Shalat Ashar Jamak Ta'khir.
'Ushallii fardhal-'ashri rak'ataini qashran majmuu'an ilahizh-zhuhru adaa'an lillahi ta'alaa'.
Artinya: Aku niat shalat Ashar dua rakaat qashar dan jama dengan zhuhur, fardhu karena Allah.

-- Niat Shalat Maghrib Jamak Taqdim.
'Ushallii fardhal-maghribi tsaalatsa raka'aatin majmuu'an ilaihil-'isya'u adda'an lillahi ta'alaa.
Artinya: Aku niat shalat Maghrib tiga rakaat jama dengan 'Isya, fardhu karena Allah.

-- Niat Shalat Isya Jamak Takdim.
'Ushallii fardhal-Isya rak'ataini qashran majmuu'an ilal-maghribi adda'an lillaahi ta'aalaa.
Artinya: Aku niat shalat Isya dua rakaat qashar dan jama dengan maghrib, fardhu karena Allah.

-- Niat Shalat Maghrib Jamak Ta'khir.
'Ushallii fardhal-maghribi tsallatsa raka'atin majmuu'an ilal-isyaa'i adda'an lillahi ta'ala.
Artinya: Aku niat shalat maghrib tiga rakaat jama dengan isya, fardhu karena Allah.

-- Niat Shalat Isya Jamak Ta'khir.
'Ushallii fardhal-isya'i rak'ataini qashran majmuu'an ilaihil-maghribi adda'an lillahi ta'ala.
Artinya: Aku niat shalat Isya dua rakaat qashar dan jama dengan maghrib fardhu karena Allah.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

30 tanggapan untuk "Tata Cara Dan Niat Shalat Jamak"

JhaY pada 07:26 AM, 07-Jul-11

lamken sob,,ini yg aku cari trnyta dsni t4 nya.tukeran link ya sob n klo udh tlng kmntr di blog q...!!thank infox...

Micka pada 04:38 AM, 11-Nov-11

Thanks ea udh myediakn blog.a jd q mgrti dch

junaidi pada 09:51 PM, 06-Feb-12

Makasih ya info-y. mud2an dpt phla dr Allah.

nadine pada 04:16 AM, 14-Feb-12

tolong donk lebih diperjelas lg tahap-tahap/ cara melakukan sholat jamak 1 per 1.thanks

panca_moker pada 12:24 PM, 28-Feb-12

Kalo ada tulisan arabny(doany) pasti oke,,

Agung Eko Setiono pada 03:45 AM, 11-Mar-12

thx infonya gan,ijin save

abdoel moeiz pada 09:44 AM, 17-Apr-12

thanks informasinya.............smoga ada hikmahnya

Nahdah Satrin Fa Zholimah pada 06:14 AM, 20-Apr-12

Duh gimana nih gue butus sekarang soalnya gue mau praktek sholat jama'

Amirah pada 05:34 AM, 23-Apr-12

Makasih infonya, ini sangat bermanfaat banget terutama buat orang2 yang sering keluar daerah.

nur pada 10:16 AM, 08-May-12

tata cara shalat jamak

nada pada 12:57 PM, 09-May-12

makasih bang

kris pada 07:57 AM, 12-May-12

ass.wr.wb
Trima ksh infonya, sgt bermanfaat. Saran Sy, sertakan juga lafadz&tulisan bhs arabnya, jd bisa buat perbandingan sekalian belajar jg.
ws.wr.wb

Sobri pada 06:41 AM, 15-May-12

Assalamu'alaikum Ustadz saya ingi mengcopy artikel ini mohon diikhlaskan terimakasih wassalam

diana pada 07:00 AM, 15-May-12

hemm..nie2 akhir'a ktmu juga..
nie mah bermanffat bgt !!!

makasih yuea

Intan pada 06:20 AM, 21-May-12

Makasi yach ats infox moga2 brmanfa'a buat cmuax

Azizah. . pada 06:39 AM, 21-May-12

AswwbTrm ks atas mua infox. Ini sangat bermanfat buat aq and yg lainx wassalam

Ariq Algiffari pada 11:04 AM, 02-Jun-12

Apa tidak ada jama antara shalat ashar dan magrib.

arya pada 04:44 AM, 11-Jun-12

assalamualaikum..trimakasih atas ilmunya..

daddy pada 11:28 AM, 24-Jun-12

Dzadzakomulloh, ikut Share...

wafaazizah pada 05:51 AM, 22-Aug-12

makasih ilmunya..kbetuln skrng aq lgi dprjalann..jdi manfaat bngett..

jumadi s pada 01:07 AM, 04-Sep-12

makasih info nya mudah2an ada manffatnya, dan bagi yg punya blog mudah2an di balas kebaikannya oleh Allah SWT. Amiin....

cilleuh pada 01:51 AM, 23-Sep-12

ni penting apa lagi bagi yg m0 berhaji.mina arafah

De2 ST pada 10:55 PM, 29-Sep-12

Hatur nuhun / trimakasih atas info yang sangat bermanfaat sekali,,,,,!

alexs_jalal@yahoo.com pada 10:20 PM, 09-Oct-12

Hatur nuhun,semoga ilmu-nya bermanfa'at bagi seluruh umat islam.

rudi pada 02:18 AM, 26-Oct-12

Nderek Ngopi Mas...

Mamat pada 01:00 AM, 02-Nov-12

Makasih ya atas infonya..Mudah2an bisa bermanfaat buat kita semua..Aamiin.

prisma pada 12:13 PM, 09-Mar-13

ass...
thanks yah.. skrang khu dah ngrtii..???

Kotak pada 12:03 PM, 23-Mar-14

Thanks ya sekarang aku udah Mengerti

elsa pada 12:36 PM, 23-Mar-14

makasih buat infonya, bermanfaat bgt buat pelajar juga ini.

Ridwan pada 10:54 AM, 27-Mar-14

Ini yang saya cari, sering keluar daerah tapi tidak tau niat menggabungkan shalat...
Terima kasih buat anda...
Semoga di mudahkan rejekinya...

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar